Yang orang lakukan ketika ingin muncul di mesin pencari adalah membuat situs web, memposting beberapa tulisan ke dalam blog, lalu memilih beberapa keywords. Namun mereka salah karena ada masalah besar yang dihadapi blogger, website developer, dan pelaku wirausaha yaitu bagaimana mendapatkan peringkat di Google.
Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas salah satu cara untuk menaikkan peringkat website di Google melalui “Search Engine Optimization”. Search Engine Optimization, atau SEO, membantu mengarahkan pengunjung yang sesuai ke situs Anda dan dengan secara efisien dan akurat memberi peringkat situs web Anda di dalam mesin pencari Google. Ada banyak strategi yang dapat Anda terapkan untuk membantu proses ini, tetapi ada beberapa yang bekerja lebih optimal.
Salah satu teknik terbaik yang dapat digunakan ketika mencoba untuk meningkatkan SEO adalah memanfaatkan short tail keywords (kata kunci singkat) dan long tail keywords (kata kunci panjang) untuk merek situs web Anda. Kata kunci singkat adalah menggunakan satu atau dua kata yang mudah diingat dan mengidentifikasi aspek bisnis atau situs web Anda. Kata kunci panjang adalah menggunakan tiga sampai lima frasa yang umum dicari terkait dengan bisnis atau situs web Anda.
Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk menaikkan peringkat website Anda di Google Search Engine :
Pilih Kata Kunci Anda dengan Cermat
Ketika Anda mengidentifikasi kata kunci untuk situs web Anda, pastikan bahwa Anda memilih kedua kata kunci, baik short tail atau long tail keywords. Short tail keywords bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan ke dalam bisnis Anda, dan long tail keywords sangat membantu dalam mengarahkan audiens yang spesifik ke situs web Anda. Untuk berhasil masuk dalam peringkat Google, Anda membutuhkan keduanya.
Untuk memilih kata kunci mana yang berfungsi untuk situs web Anda, Anda perlu melakukan sedikit riset. Anda dapat menggunakan situs web seperti Google Adwords, SEMRush, dan Serpstat untuk menemukan kata kunci mana yang paling sering ditelusuri, situs web apa yang saat ini muncul ketika dicari, dan bagaimana membandingkan situs web Anda dalam daftar itu.
Ketika Anda memilih kata kunci, pilih kata dan frasa yang tidak hanya relevan dengan situs web dan layanan Anda, tetapi juga dapat mendorong pengunjung ke konten situs web Anda. Dengan hanya menyebutkan kata kunci satu atau dua kali di beranda Anda tidak akan cukup untuk memberi peringkat situs Anda. Anda perlu mengembangkan konten yang berisi kata kunci, tautan ke kata kunci, dan letakkan di situs Anda untuk meningkatkan SEO.
Menghasilkan Konten yang Relevan dengan Kata Kunci
Setelah Anda berhasil mengidentifikasi short tail dan long tail keywords yang akan digunakan, bersiaplah untuk melakukan beberapa pekerjaan. Salah satu kesalahan terbesar adalah membiarkan situs web menjadi usang. Jika Anda tidak memproduksi konten secara teratur, Google tidak akan menampilkan situs Anda ke penelusur, karena kemungkinan besar tidak relevan dan membosankan. Membuat postingan baru dan menerbitkan konten baru secara teratur akan membantu memberi hal-hal segar untuk Google dan mendorong mereka mengirim pengunjung ke situs Anda.
Tapi tunggu dulu, jangan hanya memposting atau mempublikasikan APA SAJA untuk mendapatkan peringkat situs web Anda. Apa yang Anda posting di situs web haruslah konten yang relevan dan berkualitas. Jangan hanya menulis artikel tentang hal-hal yang merupakan berita lama dan JANGAN cukup salin / tempelkan riset atau informasi orang lain ke artikel Anda. Karena apa? karena Google adalah anjing pelacak konten yang dapat mengendus copycat hanya dengan satu sentuhan tombol.
Ketika Anda membuat konten yang relevan untuk situs web Anda, pastikan bahwa Anda menggabungkan identifikasi short tail dan long tail keywords yang tidak membingungkan bagi pembaca. Metode yang baik adalah dengan memilih dahulu kata kunci yang Anda ingin targetkan untuk sebuah postingan kemudian mengembangkan topiknya.
Mengembangkan Keywords secara Konsisten
Setelah mengidentifikasi kata kunci dan memasukkannya ke dalam konten, selanjutnya kembangkan topik secara konsisten untuk membantu memberi peringkat situs web Anda di Google.
Salah satu teknik yang populer digunakan adalah membuat beberapa postingan untuk setiap set kata kunci yang singkat maupun yang panjang dan menghubungkan postingan tersebut satu sama lain. Teknik ini biasanya berhasil karena tautan internal dalam konten membantu meningkatkan SEO Anda. Jika Anda dapat melakukan ini dengan banyak kata kunci berbeda yang bermanfaat bagi halaman Anda, Anda akan muncul di mesin pencari Google untuk beberapa pencarian berbeda.
Jika Anda tidak memiliki teknik atau strategi yang konsisten untuk menerapkan kata kunci dan frasa di situs web Anda, hasil mesin pencari Anda akan sporadis dan Anda tidak akan mencapai hasil yang Anda inginkan
Yang harus Anda ingat dalam memanfaatkan short tail dan long tail keywords adalah untuk selalu mengidentifikasi kata kunci Anda dengan cermat, menempatkannya secara strategis di konten Anda, dan mengembangkan teknik yang konsisten untuk keduanya. Dengan begitu kegunaan keywords ini akan semakin maksimal.
Gunakan Tools SEO
Rumahweb menghadirkan tools SEO, yang bisa Anda gunakan untuk melakukan optimasi SEO pada website. RankingCoach bekerja dengan cara melakukan analisa website, membuat task list lalu memantau performa website Anda di Search Engine. Selengkapnya tentang RankingCoach bisa Anda temukan pada : RankingCoach
Jadi pada dasarnya sebuah website harus mengandung sebanyak mungkin kata kunci-kata kunci penting yang paling relate dengan produk yang Anda tawarkan serta paling banyak dicari oleh customer. Ada dua teknik optimalisasi pencarian kata kunci website oleh Google, yaitu Search Engine Optimization (SEO), serta Search Engine Marketing (SEM). Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai SEO, dan berikut adalah 10 SEO tools gratis untuk mencari kata kunci dan optimalisasi bagi website Anda.
- Google Search Console
Platform ini adalah salah satu tools gratis dari Google. Pada dasarnya, tools ini digunakan untuk analytic, seperti melihat, memonitor serta mengatur performa website, indeksasi, traffic, backlink, serta mengatasi masalah kata kunci yang berhubungan dengan Google search. Fitur utama Google Search Console adalah mengukur bagaimana performa kata kunci yang Anda gunakan pada website. Jadi bisa dibilang fitur ini sangat penting untuk mengevaluasi serta menentukan kata kunci berikutnya yang akan digunakan pada website untuk melakukan optimalisasi SEO. - Google Keyword Planner
Google Keyword Planner dapat bekerja maksimal jika Anda menggabungkannya dengan Google Ads. Pada dasarnya platform ini dapat Anda gunakan untuk mencari serta menganalisis kata kunci yang tepat untuk selanjutnya diiklankan pada Google Ads. Namun platform ini juga masih bisa Anda gunakan sebagai SEO tool karena memiliki akses data indeks kata kunci yang lengkap dari Google itu sendiri. Insight dari platform ini sangat cocok digunakan untuk menentukan strategi content marketing bisnis. Anda akan mendapatkan ide kata kunci yang relate dengan website dan produk Anda, serta jumlah volume kata kunci pada Google search. - Google Trends
Platform ini sangat membantu Anda dalam melakukan riset kata kunci, karena dapat membandingkan beberapa kata kunci yang ada dengan artikel terbaru yang Anda miliki. Selain itu, Google Trends memiliki grafik yang berisi data kata kunci yang paling sering dicari dan diakses dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, juga terdapat arsip indeks kata kunci data yang lengkap dari beberapa tahun sebelumnya yang telah diindeks oleh Google. Anda dapat melakukan filter berdasarkan lokasi, search history, serta kategori. Menariknya, platform ini juga dapat Anda manfaatkan untuk menunjukkan riset terhadap data yang sedang Anda gunakan, penyebab interest, serta asal pengunjung website Anda.
- Google Analytics
Bisa dibilang platform SEO tools terlengkap adalah Google Analytics. Dalam platform ini tersimpan banyak data penting yang Anda butuhkan untuk dianalisis atau dilakukan riset lebih lanjut. Analytics menyediakan data SEO website secara lengkap, tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda. Ada banyak report yang bisa Anda manfaatkan dari data pengunjung website Anda. Data dilengkapi grafik yang lengkap, mulai dari lokasi, jenis kelamin, kata kunci yang paling banyak diakses, topik yang diminati, dan lain sebagainya. - AdWord & SEO Keyword Permutation Generator
Tools ini sangat membantu dalam menemukan dan menyusun kata kunci yang tepat untuk website Anda. Jadi platform ini dapat Anda gunakan untuk menentukan kata kunci yang relate dan sesuai dengan konten yang Anda miliki serta menghubungkannya dengan Google search. Tool ini dapat menyusun dan merekomendasikan kata kunci alternatif yang bisa Anda gunakan untuk optimalisasi SEO website. Namun untuk hasil yang maksimal, Anda tetap harus mengkombinasikan tool ini dengan tool lainnya dalam menentukan kata kunci untuk website Anda. - Wordtracker
Platform ini dapat digunakan sebagai SEO tools sekaligus market research tool atau kata kunci berbasis pay per click. Dimana tool ini juga dapat merekomendasikan beberapa kata kunci yang lebih akurat karena tidak disederhanakan. Selain itu, platform ini menunjukkan perbandingan hasil pencarian (SERP), pencarian related keywords, serta arsip penyimpanan kata kunci yang telah Anda masukkan. Platform ini dilengkapi dengan desain tampilan dan user interface yang mudah dan sederhana. - Keywordtool (dot) io
Tool ini digunakan untuk menemukan serta menentukan long tail kata kunci. Long tail kata kunci ini sendiri berti kata kunci yang lebih spesifik, targeted, serta memiliki tingkat persaingan kata kunci yang kecil, sehingga memungkinkan Anda mendapatkan ranking yang tinggi pada pencarian Google. Jadi dapat dikatakan bahwa tool ini sangat ideal jika ingin menemukan kata kunci yang tepat untuk website Anda. - Moz
Moz dapat Anda gunakan untuk melakukan inbound marketing. Salah satu fitur Moz yang mungkin dapat membantu perbaikan dalam website Anda adalah Mozbar. Dimana fitur ini dapat mengukur tingkat Page Authority (PA) serta Domain Authority (DA) website Anda. Pengukuran ini dapat Anda implementasikan langsung dan terlihat hasil perbandingannya dengan website lain ketika Anda melakukan pencarian website maupun kata kunci dalam Google search. Moz juga memiliki tampilan yang sangat user friendly. - KWFinder
Tool ini menyederhanakan pemahaman mengenai kata kunci dan SEO. Dimana inti prinsip dalam SEO adalah menemukan kata kunci yang memiliki tingkat persaingan rendah namun volume pencariannya tinggi. Kuncinya adalah Anda harus menebak kata kunci yang tepat. KWFinder sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin belajar tentang SEO dan mengimplementasikan kata kunci pada websitenya. - LSI Keywords
Platform ini membantu Anda menemukan kata-kata yang masih berhubungan dengan topik/artikel/konten dalam website yang Anda miliki. Jadi platform ini tidak melulu membahas tentang menemukan kata kunci yang tepat. Namun lebih ke mencari hubungan kata kunci utama dengan topik yang berkaitan dengan konten, sehingga ketika diindeks, Google akan menemukannya melalui konten-konten yang relevan untuk user. Melalui tool ini, Anda dapat memasukkan hingga sepuluh kata kunci sekaligus. Kemudian LSI kata kunci akan memberikan rekomendasi related kata kunci lengkap dengan analisis jumlah pencarian perbulan, rate CPC, dan tingkat persaingan SEO. Rekomendasi ini dapat Anda gunakan untuk menguatkan keterkaitan konten yang Anda miliki dengan kata kunci dalam mesin pencarian.
Hal terakhir yang penting untuk optimalisasi website adalah analytic. Analytic sangat perlu untuk mengukur apa saja yang telah Anda lakukan dalam strategi online bisnis Anda, serta memastikan apakah strategi marketing yang digunakan benar-benar bekerja dan berhasil diaplikasikan pada perusahaan. Dalam hal ini, hasil analytic berupa tracking result sangat penting untuk menentukan strategi marketing berikutnya. Namun jangan lupa untuk tetap fleksibel terhadap tren dan perubahan, yaitu selalu beradaptasi terhadap perubahan dan teknologi terbaru yang digunakan dalam industri yang Anda miliki. Untuk melakukan hal ini, diperlukan riset terhadap alat yang dimiliki, teknologi, serta taktik yang digunakan.
selamat belajar dan penuh semangat
BalasHapus