Seperti yang Anda ketahui, Instagram adalah salah satu platform periklanan paling efektif saat ini. Ini dengan cepat meningkatkan basis penggunanya dalam 4 tahun terakhir menjadi 1,2 miliar pengguna berkat Instagram Stories. Oleh karena itu, jika Anda sangat paham tentang alat dan strategi bisnis yang bekerja paling baik untuk saluran media sosial ini, Anda bisa menjadi pengusaha sukses dan mendapatkan keuntungan besar. Memeriksa apa yang sedang tren di Instagram adalah salah satu strateginya, dan dalam artikel ini, kami akan mengungkap rahasia cara melakukannya untuk mengembangkan toko e-commerce Anda.
Apa artinya menjadi trending di Instagram?
Untuk posting (dan hashtag), menjadi tren di Instagram berarti ditampilkan di antara hasil teratas dari Halaman Jelajahi (atau Halaman Hashtag tertentu). Mengapa penting bagi Anda sebagai pembuat postingan dan tagar khusus ini? Jelas, itu berarti akun Anda mendapatkan tingkat visibilitas yang tinggi dan kiriman Anda ditampilkan bahkan kepada non-followers.
Halaman Jelajah terlihat berbeda untuk setiap pengguna karena algoritme Instagram menampilkan galeri posting secara khusus berdasarkan minat Anda dan perilaku pengguna sebelumnya. Semakin banyak konten tematik yang dilihat pengguna setiap hari, semakin banyak postingan tentang topik yang sama yang juga akan dilihat pengguna ini di halaman Jelajahi. Kedengarannya rumit? Berikut ini contohnya: jika Anda adalah seseorang yang suka memilah-milah konten terkait hewan peliharaan di platform, Laman Jelajah Anda kemungkinan akan menampilkan pos yang terkait dengan produk kucing, anjing, dan hewan peliharaan.
Hashtags Trending bekerja sedikit berbeda. Saat postingan seseorang menjadi trending dengan hashtag tertentu, algoritme Instagram akan mengenalinya dan mengakui postingan ini dengan menambahkannya ke tab konten “Top” di halaman hashtag.
Oke, kita sudah membahas Halaman Jelajahi dan apa arti Trending Instagram. Tetapi bagaimana kami dapat membuatnya berhasil untuk bisnis Anda?
Cara membuat konten Anda menjadi trending di Instagram
# 1 Gunakan hashtag yang tepat
Hashtag apa yang relevan untuk posting Anda? Untuk menemukan hashtag yang tepat, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang citra bisnis Anda di Instagram, dan pengetahuan tentang jenis hashtag yang digunakan di niche Anda. Setelah Anda mempelajari hashtag khusus niche, Anda dapat menargetkan audiens yang Anda inginkan dengan lebih efektif. Plus, hashtag yang berhubungan dengan niche pasti memiliki persaingan yang lebih sedikit daripada hashtag yang umum dan luas. Tapi jangan berlebihan! Instagram mulai jarang menampilkan iklan dengan banyak tagar. Itulah mengapa 2-5 hashtag yang relevan sudah cukup.
Anda dapat menemukan hashtag yang sedang tren dan relevan untuk posting Anda menggunakan alat seperti Keywordtool, All-Hashtag dan Alat Generator Hashtag.
# 2 Buat tagar bermerek
Sejak kami memulai daftar tip kami dengan yang berfokus pada hashtag, berikut adalah nasihat lain mengenai mereka – buat hashtag bermerek Anda sendiri! Idenya adalah membuat tagar khusus merek dan mendorong pengikut Anda untuk menggunakannya. Bisnis Anda mendapat pengakuan berdasarkan jumlah orang yang menyebut tagar merek Anda.
Hashtag bermerek tidak hanya meningkatkan kesadaran akan bisnis Anda, tetapi juga membantu membangun komunitas yang kuat dengan banyak pengikut setia. 2 elemen ini penting banget kalau mau jadi trending di Instagram.
# 3 Buat konten yang menarik
Tentu saja, baik hashtag yang berhubungan dengan niche maupun bermerek tidak akan membuat akun Anda menjadi trending di Instagram jika konten Anda buruk dan tidak menarik. Yang Anda butuhkan adalah membuat postingan unik dan berkualitas tinggi yang akan menarik perhatian dan menghibur pengikut Anda.
Berikut beberapa tip untuk membantu Anda membuat jenis konten ini:
Tetap waspada
Mempelajari konten yang dibuat merek-merek besar adalah cara yang bagus untuk mempelajari tentang peristiwa terbaru di dunia pemasaran dan tentu saja, tren Instagram. Jangan ragu untuk meminjam ide, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di masa mendatang, Anda akan mengembangkan gaya Anda sendiri dan membuat konten yang menarik perhatian.
Gunakan gambar berkualitas tinggi saja
Ingatlah bahwa foto yang menarik secara visual menonjol dari banyak konten dan menarik calon pelanggan! Berkat gambar dan video berkualitas, akun Anda menjadi lebih menarik bagi calon pembeli. Bekerja dengan umpan Anda dengan bijak!
Buat video pendek
Seperti yang ditunjukkan oleh pengalaman TikTok, pengguna menyukai video pendek. Tren ini juga diadopsi oleh Instagram. Jadi, beri tahu pelanggan Anda tentang produk, bagikan berita toko, atau tunjukkan di belakang panggung – penonton akan menghargainya.
Dan jangan lupa untuk memposting keteraturan! Anda perlu menghasilkan postingan yang menarik untuk merek Anda dan diingat oleh calon pembeli. Jadi buatlah rencana konten dan ikuti.
Tidak ada jaminan bahwa postingan Anda akan langsung menjadi trending di Instagram, namun, konten berkualitas meningkatkan peluang Anda. Bahkan jika Anda hanya memiliki satu posting di feed Anda yang masuk ke tren Instagram, itu akan membuat perbedaan dalam pengenalan merek Anda dan menarik pengikut baru.
# 4 Tandai lokasi dan pengguna lain
Untuk lokasi, caranya sangat mudah: orang yang mencari sesuatu yang menarik di beberapa lokasi tertentu kemungkinan besar akan menemukan postingan Anda. Karenanya, visibilitas akun Anda menjadi lebih baik.
Cara cerdas lainnya untuk mengarahkan perhatian ke akun Anda adalah dengan menandai pengguna lain. Namun, Anda harus berhati-hati dengan ini: Anda mungkin akan melakukan spamming kepada pengguna lain dengan tag Anda. Idealnya, Anda perlu menandai pengguna yang relevan dengan bisnis Anda, atau akun shoutout berpengaruh yang menampilkan konten dari pengguna lain setiap hari. Tujuannya di sini adalah untuk diperhatikan oleh akun-akun ini, dan sebagai hasilnya, untuk ditampilkan di akun mereka.
Tidak apa-apa jika Anda tidak diunggulkan oleh akun yang telah Anda beri tag: Anda masih dapat muncul di tab “Diberi Tag”. Dan dari sana, pengikut mereka dapat mempelajari bisnis Anda.
# 5 Pelajari waktu terbaik untuk memposting
Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki akun Instagram Bisnis. Profil bisnis memberikan banyak informasi berguna untuk Anda pertimbangkan. Dalam hal ini, kita berbicara tentang “Analisis audiens”. Ini adalah alat analisis khusus yang memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang pengikut: lokasi mereka, rentang usia, jenis kelamin, dan apa yang paling penting bagi kami – jam dan hari ketika pemirsa Anda paling aktif. Analisis dan buat jadwal untuk menangkap pengikut Anda pada waktu yang tepat.
# 6 Manfaatkan Halaman Jelajahi Instagram
Ini mungkin tip paling sederhana: lihat melalui konten yang sedang tren di niche Anda dan catat tema, desain, format, dan konsep apa yang populer. Buat catatan, terapkan ke konten Anda, dan jadilah lebih populer!
# 7 Gunakan tautan Bio Instagram untuk konten yang Anda promosikan
Seperti yang bisa Anda tebak, orang tidak akan bisa membeli apa pun dari Anda kecuali mereka melihat cara untuk melakukannya. Jadi gunakan fitur praktis ini yang memungkinkan Anda memasukkan tautan di area Bio. Anda dapat mengarahkan pengunjung ke produk tertentu, kategori, atau halaman lain di situs Anda. Tautan di Bio dapat diubah kapan saja, jadi ubahlah sesuai kebutuhan pemasaran Anda.
Trending di Instagram: menyimpulkan
Menjadi trending di Instagram bisa menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Menggunakan tips kami dengan bijak, Anda dapat membangun kesadaran merek dan menumbuhkan basis audiens. Hasilnya, Anda akan segera mendapatkan keuntungan besar.
Dunia Instagram mungkin tampak menantang dan selalu berubah, tetapi jangan takut! Sangat penting untuk memulai. Mulailah menggunakan berbagai taktik, buat konten, luncurkan kampanye iklan (kami dapat membantu!), Dan jangan takut mengambil risiko! Dan Anda pasti akan berhasil!
AGAR LEBIH JELAS ILMU INSTAGRAM SILAHKAN NONTON VIDEONYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar